PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo) PENIPU?

PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo) PENIPU?

PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo)

PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo) ini memiliki website yang keren dan cukup meyakinkan, coba cek sendiri di www.tritamarindo.com. Karena websitenya masih dalam pengembangan jadi saya tidak menemukan banyak informasi jelas mengenai perusahaan ini. Saya hanya bisa menebak bahwa perusahaan ini bergerak dibidang advertising dan online marketing. Dan untuk proses melamarnya saya harus mengirim email ke hrd@tamayokatta.co.id. Apa yang kamu pikirkan tentang perusahaan ini? Saya juga sudah cek di google tentang perusahaan ini, sampai ke halaman berikutnya dan berikutnya, saya belum menemukan kejanggalan perusahaan ini. Kecurigaan saya pun hilang. Saya pun mendatangi panggilan intervew di perusahaan ini.

PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo)
adalah perusahaan yang "katanya" bergerak dibidang online advertising dan online marketing, yang memerlukan social media blasting. Kurang lebih itu yang saya tangkap dari penjelasan pria yang menginterview saya. Saya kurang begitu jelas menangkap pembicaraantersebut. Karena interview dilakukan didalam ruangan sempit kira-kira ukuran 2x2 meter dengan dua orang lainnya yang sedang menginterview dua orang yang lain. Bisa dibayangkan akan banyak sekali suara yang bisa saya dengar. Tapi tepat seperti dugaan saya.

PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo) ini berlokasi di Jl. Haji Nawi Raya No. 39 Building Duta Mas Center Blok A 2/7 1 Floor Jakarta Selatan. Tepatnya di komplek perkantoran  ITC Fatmawati, belakang City Bank dekat pintu keluar parkiran motor. Sesampainya di sana saya bingung, karena dibayangan saya ini adalah perusahaan jepang dan paling tidak bertempat di sebuah rukan, dengan bertuliskan nama perusahaan dibagian atas pintunya. Karena saya tak menemukan tempat seperti dalam bayangan saya, saya pun bertanya pada security. Dia bilang, "Mau lamar kerja ya? Sebaiknya kamu pulang saja, sampai disana kamu nanti cuma disuruh bayar".Penasaran, akupun tetap mendatangi tempat tersebut, tanpa bertanya pada siapapun. Dan mengikuti instruksi di SMS. Sampai pada akhirnya ada security tempat foto copy menghampiri saya, "Mau interview ya? Naik ke atas, kenapa diam disini?".Ternyata perusahaan ini satu rukan dengan tempat photocopy. Photocopy di lantai dasar, sedangkan perusahaan ini ada di lantai satu. Dan lantai dua digunakan untuk mushola. Sungguh di luar imajinasi saya.

PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo) ini memiliki banyak lowongan kerja. Kamu bisa cek sendiri di websitenya. Lowongan pekerjaan itu diantaranya : Account Executive, Administration, Customer Service, Interactive Art Director, Mobile Developer, Technical Support Representative, Personal Data Entry, Office Boy / Girl, Security, Online Marketing, Operator Production, Quality Control, Operational Driver, Warehouse (Gudang), Officer Data Entry (Data Entry Kantor), Administrasi Pembukuan, Administrasi Audit Data, Administrasi, Junior Officer, Junior Account Officer. Sangat menarik bukan?

PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo) ini dalam proses interviewnya mengatakan bahwa saya diterima bekerja disana sebagai Staff Adminisistrasi Pembukuan. Dan pria yang menginterview saya itu menjelaskan jobdesk saya, tanggung jawab saya, serta hak dan kewajiban saya. dan di akhir interview dia mengatakan.
"Disini kami tidak akan melakukan tes, karena kamu sudah berpengalaman, akan tetapi kamu nanti akan melalui masa training, setelah training selesai pun kamu tidak perlu di tes, dan akan langsung menjadi pegawai tetap kami. Biaya training tidak dibebankan pada anda, dan akan menjadi tanggung jawab perusahaan. Training ini bersertifikat langsung dari Departemen Ketenagakerjaan. Sertifikasi ini nantinya bisa digunakan dimana saja untuk melamar kerja, karena sertifikat ini langsung dari Departemen Ketenagakerjaan. Akan tetapi untuk proses sertifikasi tersebut ada biaya yang harus dibayar. Dan biaya tersebut akan dibebankan kepada karyawan. Apakah anda bersedia untuk membayar biaya sertifikasi tersebut?".
Saya langsung menatap sinis, "berapa yang harus saya bayar?". Pria itu menjawab,
"DELAPAN RATUS RIBU RUPIAH".
Saya langsung memasang raut wajah tak suka, "Maaf, saya kesini mau cari kerja buat cari duit, kenapa saya malah harus mengeluarkan uang?". Saya pun pamit undur diri. "Ternyata benar kata security tadi", saya bergumam dalam hati.

Dari cerita diatas saya tidak bermaksud menuduh perusahan ini penipu. Saya hanya menceritakan pengalaman saya. Silahkan anda ambil kesimpulan sendiri, jangan sampai anda membuang waktu dan membuang tenaga anda untuk mengunjungi PT. Tama Yokatta Indonesia (PT. Tritamarindo). Tapi jika anda penasaran silahkan datang. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Wow...bener!! Saya juga pernah di hbgi via sms PT ini untuk interview..mujur nya wktu itu sy sdg berada di luar kota. And then..baru2 ini,sy dpt lagi sms interview dr PT SUARA BUANA KARYA. Dg alamat yg sama anda sebutkan, komp. ITC fatmawati. Mereka pasang iklan dg berganti2 nama PT.. modusnya sama..bayar biaya pelatihan 789rb !!! Hati2,jgn terjebak!! Tidak ada yg namanya kerja harus bayar!!

    ReplyDelete
  2. Kepada Yth,
    PERUSAHAAN DI TEMPAT
    Up : Pimpinan/ Bag, Keuangan
    From : Tirta Salam
    Hp : 0822 1111 9546
    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi,
    (Tanpa Agunan,Non Collateral)
    Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT.GLOBAL PERSADA INDONUSA adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral,Proses Cepat,Bisa dicek Keabsahanya dan Polis Di Jamin kami antar.

    Jenis jaminan yang kami tawarkan antara lain sbb:
    1.Jaminan Penawaran ( Bid Bond )
    2.Jaminan Pelaksanaan ( Peformance Bond )
    3.Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond )
    4.Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond )
    5.Jaminan Pembayaran ( Payment Bond )

    Asuransi Umum yang kami terbitkan sbb:
    1.Custom Bond
    2.Asuransi Cargo
    3.Construction All Risk
    4.Public Liabillity/ Product Liability/ Profesional Liability Dll

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan.
    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya saya ucapkan terimakasih.

    Regard's
    Mursalin
    contact Person WA : 0822 1111 9546
    PT. GLOBAL PERSADA INDONUSA
    Jl. Nangka No.20 Utan Kayu Utara, Kec. Matraman - Jakarta Timur
    Telp. (021) 2962 1873
    Fax . (021) 2962 1878

    ReplyDelete