Diary Skripsi


Sebagai mahasiswi tingkat akhir pasti harus wajib kudu musti ngerjain yg namanya tugas akhir, sebut saja skripsi ato yg biasa di sebut script-sweet sama anak-anak alay untuk tujuan berdamai sama situasi yg mendesak, menekan dan mengejar lo itu.

Dalam mengerjakan skripsi tiap orang punya rintangannya masing-masing. Ada yg rintangannya di awal, di tengah, atau pun di akhir. Tapi tiap orang juga punya keberuntungannya masing-masing.

Kisah gue dalam menulis, memahat, menyusun, dan memasak skripsi penuh dengan suka dan duka, rasa bahagia dan air mata, juga tak lupa rasa galau yang sering kali menemani kesendirian gue. Eaaaa dan kegalauan menyebabkan penulis, "Makan tak habis, tidur tak nyenyak, mandi pun tak basah" (begitulah kata Tuk Dalang ketika melihat Rambo yang galau setelah cintanya ditolak ayam desa sebelah #Upin-Ipin)

Tak bisa dipungkiri bahwa skripsi menguras tenaga, pikiran dan konsentrasi. Karenanya gue ga bisa ngerjain skripsi sambil cari pengalaman kerja. Meskipun gue berusaha seperti sahabat seperjuangan gue yg kerja sambil ngerjain skripsi. Tapi gue tetep gagal mengalahkan diri gue sendiri. Dan akhirnya dia (sebut saja mawar) selesai lebih dulu.

Ah salah alur ni pembaca. Hmm penulis bingung wahai pembaca. Kita mulai saja kisahnya sejak pertama kali berniat mengerjakan skripsi. Karena Niat adalah hal terpenting yang harus dilakukan sebelum memulai sesuatu.

Tahap selanjutnya setelah niat adalah mencari, menemukan dan memilih judul yang tepat (kyaaaa kaya cari suami aja). Hmm pembaca.. tahukah kamu betapa galaunya penulis dalam memilih judul yang tepat? (Yaah bisa dibilang kegalauan slalu datang menemani). Akhirnya judul yg gue konsultasi sama Dosen Pembimbing Akademik gue (sebut saja Dosen PA) .Gue belum buat apa-apa, dan emank tujuannya sekedar konsultasi dan diskusi, jadi cuma nyiapin satu judul paling mudah dan satu judul lagi sebagai serep atau cadangan.

Waktu itu yang menurut gue mudah adalah studi kualitatif tentang Rumah Pemberdayaan, tinjauan manajemennya yang menarik untuk ditengok. Tapi kata Dosen PA, tu judul ga ada tantangannya, jadi beliau ga setuju. Yaaah patah hati guee..

Terus gue sampaikanlah judul cadangan gue yaitu tentang mata uang virtual Bitcoin. Cara transaksi, cara mining, pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia dan Dunia, serta tinjauan hukum syariahnya sangat menarik untuk dikaji. Sebenarnya judul ini ide dari temen gue. Tapi judul ini lagi-lagi ditolak sama dosen PA. Alasannya karena penggunanya di Indonesia masih kurang dari 1%. Seketika kegalauan menyergap ku, mengurungku dalam ruangan kosong nan gelap. Aku meraba ke setiap sisi ruangan. Dan tiba-tiba ada yang nuntunku menemukan sebuah pintu untuk keluar. Sang Dosen PA memberikan suatu ide. Idenya mengenai pendapat seorang tokoh (aduh lupa namanya) yang menyatakan bahawa efisiensi operasional dapat mempengaruhi nisbah bagi hasil.

Tanpa pikir panjang, ya sudah, langsung saja ku ambil judul tersebut. Malamnya ketika hendak menulis. Kegalauan kembali datang. Kenapa variabel bebasnya hanya satu? Hmm terlalu sederhana. Akhirnya variabelnya kujadikan dua yaitu efisiensi operasional dan beban operasional. Jadilah judul yang pilih untuk seminar proposal adalah "Pengaruh Efisiensi Operasional dan Beban Operasional terhadap Nisbah Bagi Hasil". Sebenarnya waktu itu gue masih bingung sama maksud Dosen Pembimbing Akademik gue. Jadi gue ambil kesimpulan sendiri. (Hehe waktu itu di bemak gue yang penting seminar proposal dulu laah)

Daftarlah gue untuk seminar proposal. Ternyata penguji seminar proposal gue adalah dosen PA dan Kaprodi. Dosen PA gue mah setuju-setuju aja. Tapi kata kaprodi judulnya salah struktur dan sebaiknya dikembalikan ke teori. Yaa mau ga mau harus terima nasib. Dan sakitnya hati gue adalah ketika gue tau bahwa teman satu majlis seminar proposal gue ternyata ngebahas bitcoin juga dan ternyata judul itu diterima. Sakitnya tuh disini.. :(

Galau laah guee.. sehari, dua hari, seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan.. sambil galau sambil cari pengalaman kerja.. alhasil gue lupa sama kewajiban gue yang satu itu..

Sampe akhirnya masuklah gue ke semester9.. sadar gue udah mulai menua.. akhirnya gue putusin untuk berehenti kerja.. dan bos gue cuma bilang, "Yaudah kerjain aja skripsi mu, nanti klo lg kosong main2 lah kemari".. setelah itu gue menghilang dari peredaran.. dari kantor dan organisasi..

Gue putusin untuk pilih dosen pembimbing yg kasih gue deadline..alhasil gue cuma punya waktu kurang dari dua bulan buat ngerjain skripsi.. lewat dua bulan ill kicked out from the game.. well.. ini artinya gue ga punya banyak waktu untuk santai dan ngeGALAU..

Pertamax bimbingan, ternyata dospemnya baik banged. sebut saja bliau Pak AK. Bliau membuat skripsi yg grrrr ini masuk mall. yaah walaupun dibahas di cafe ditengah mall skripsi tetap skripsi, ga akan berubah jadi hal yang santai dan main main.

Bab 1 sampe 3 kelar dalam waktu kurang lebih 1minggu.. masuk bab 4.. galau lagi.. ketika model regresi ga lolos uji heterokedastisitas.. gue ngegalau seminggu.. trus coba gue uji lagi dengan buang 2 variabel.. ternyata berhasil.. 

Hmmmm bimbingan kesekian kalinya.. ternyata dospem kata dospem variabelnya terlalu banyak.. bliau sarankan untuk menghapus 2 variabel.. Gue coba hapus 2 variabel independennya.. dan hasilnya kacau balau.. n ga ada cara untuk memperbaikinya.. kembali galaulah gue.. 2 minggu gue buang buat ngegalau..

Gue hampir putus asa.. sampe akhirnya gue curhat sama temen gue.. sebut saja dia MM.. hmm dia bilang dosen ga selalu benar.. klo lu punya alasan untuk ga ikutin saran bliau, bliau pasti mengerti, n ngizinin lu buat lanjutin skripsi lu".. well.. dan dari situ gue nemuin diri gue lagi..

Waktu gue udah habis 4 minggu.. tinggal 4 minggu lagi.. gue lanjutinlah apa yg udah gue kerjain.. n bimbingan selanjutnya dospem udah ga komplain lagi soal variabel.. 2 minggu untuk revisi dan revisi.. 1 untuk resume.. So total 2bulan kurang 4 hari gue bisa selesaiin itu semua.. gue mulai 4juli dan selesai 1 sept 2014..

Alhamdulillah,, habis itu daftar sidang tgl 3 sept.. n sidang tgl 16 sept.. di website fakultas nama gue tercantum dengan dosen penguji Pak YH dan Bu EP.. di hari H pas sidang ternyata takdir berkata lain.. Bu EP tdk bisa hadir.. dan digantikan oleh Pak DA.. 

Mulai sidang pukul 8 pagi.. Pak DA baik bgd alhamdulillah.. pertanyaannya juga ga terlalu detail.. dan revisinya hanya typo footnote, rumusan masalah dan kesimpulan. 

Sesi selanjutnya pukul 9 pagi.. Pak YH ngasih pertanyaannya statistik bgd.. hadeeh mati kutu waktu disuruh gambar scatter plot dan diagram cartesius, tuz suruh kluarin rumus2 statistik.. well.. this session done.. revisinya typo dan hipotesis..

Alhamdulillah semua kelar,, tapi hasilnya ga seperti yg diharapkan.. harapan gue dapet A.. tapi yaudahlah.. toh smua rasanya lancar.. masih banyak yg nasibnya ga sebaik gue.. hmm apapun hasilnya harus disyukuri ika.. semangat.. ^_^

0 komentar:

Post a Comment